Pemeliharaan Sumber Daya Manusia


Pemeliharaan    atau    maintenance    merupakan    tanggung    jawab    setiap pimpinan. Pemeliharaan SDM yang disertai dengan ganjaran (reward system) akan

berpengaruh terhadap jalannya organisasi.  Tujuan utama dari pemeliharaan adalah untuk membuat orang yang ada dalam organisasi betah dan bertahan, serta dapat berperan secara optimal.  Sumber daya manusia yang tidak terpelihara dan merasa tidak memperoleh ganjaran atau imbalan  yang wajar, dapat mendorong  pekerja tersebut keluar dari organisasi atau bekerja tidak optimal.

Pemeliharaan     SDM     pada     dasarnya     untuk     memperhatikan      dan mempertimbangkan  secara  seksama  hakikat  manusianya.       Manusia  memiliki persamaan  disamping  perbedaan,  manusia  mempunyai  kepribadian,  mempunyai rasa,  karya,  karsa  dan  cipta.                                            Manusia  mempunyai  kepentingan,  kebutuhan, keinginan, kehendak dan kemampuan, dan manusia juga mempunyai harga diri. Hal-hal tersebut di atas harus menjadi perhatian pimpinan dalam manajemen SDM. Pemeliharaan SDM perlu diimbangi dengan sistem ganjaran (reward system), baik yang  berupa  finansial,  seperti  gaji,  tunjangan,  maupun  yang  bersifat  material seperti; fasilitas kendaraan, perubahan, pengobatan, dll dan juga berupa immaterial seperti ; kesempatan untuk pendidikan dan pelatihan, dan lain-lain. Pemeliharaan dengan sistem ganjaran ini diharapkan dapat membawa pengaruh terhadap tingkat prestasi dan produktitas kerja.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *