Metoda di luar pekerjaan (off the job side)


Pada metoda ini pegawai yang mengikuti pendidikan atau pelatihan keluar sementara dari  pekerjaannya,  mengikuti  pendidikan  dan  pelatihan  secara  intensif.             Metoda  ini terdiri dari 2 teknik, yaitu :

1)  Teknis presentasi informasi, yaitu menyampaikan informasi yang tujuannya mengintroduksikan  pengetahuan,  sikap  dan  keterampilan  baru  kepada peserta.                 Antara  lain  melalui;      ceramah  biasa,  teknik  diskusi,  teknik pemodelan perilaku (behavioral modelling), model kelompok T, yaitu mengirim pekerja ke organisasi yang lebih maju   untuk mempelajari teori dan mempraktekkannya.

2)  Teknik simulasi.  Simulasi adalah meniru perilaku tertentu sedemikian rupa sehingga  peserta  pendidikan  dan  latihan  dapat  merealisasikan  seperti keadaan sebenarnya.  Teknik ini seperti; simulator alat-alat kesehatan, studi kasus (case study), permainan peran (role playing), dan teknik dalam keranjang (in basket), yaitu dengan cara memberikan bermacam-macam masalah dan peserta diminta untuk memecahkan masalah tersebut sesuai dengan teori dan pengalamannya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *