Rekrutmen Internal


Penawaran terbuka untuk satu jabatan (job posting)

Rekrutmen terbuka ini merupakan sistem mencari pekerja yang berkemampuan tinggi untuk mengisi jabatan yang kosong, dengan memberikan kesempatan pada semua pekerja yang berminat. Semua pekerja yang berminat untuk mengisi jabatan untuk menyampaikan permohonan untuk mengikuti seleksi intern. Cara ini baik untuk mengisi kekosongan eksekutif tingkat bawah, guna menghindari penempatan yang bersifat subyektif.

Perbantuan pekerja

Rekrutmen internal dapat dilakukan melalui perbantuan pekerja untuk suatu jabatan dari unit kerja lain (pekerja yang ada). Kemudian setelah selang beberapa waktu lamanya apabila pekerja yang diperbantukan merupakan calon yang cocok/tepat dan sukses, maka dapat diangkat untuk mengisi jabatan yang kosong tersebut. Perbantuan pekerja ini merupakan sumber tenaga kerja intern yang penting untuk semua tingkatan jabatan, karena merupakan pekerja yang sudah mengenal secara baik organisasi/perusahaan tempatnya bekerja. Untuk itu pembayaran upah harus sesuai dengan jabatan baru serta insentif-insentif lainnya, agar motivasi untuk bekerja secara efektif dan efisien cukup tinggi.

Kelompok Pekerja Sementara

Kelompok pekerja sementara (temporer) adalah sejumlah tenaga kerja yang diperkerjakan dan diupah menurut keperluan, dengan memperhitungkan jumlah jam atau hari kerja. Salah satu diantaranya adalah dengan sistem kontrak, yang akan diakhiri jika masa kontrak selesai

Promosi dan Pemindahan

Rekrutmen yang paling banyak dilakukan adalah promosi dan pemindahan untuk mengisi jabatan yang sifatnya horizontal. Promosi biasanya berbentuk kekosongan pada jabatan yang lebih tinggi untuk diisi oleh pekerja yang jabatannya lebih rendah. Disamping itu terdapat pula kegiatan pemindahan, dimana biasanya seorang pekerja dipindahkan dari satu jabatan ke jabatan yang lain yang sama jenjangnya. Dengan kata lain promosi bersifat horizontal, sedang pemindahan biasanya bersifat vertikal.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *